Tips mencegah keputihan saat hamil,-  Keputihan pada ibu hamil, adalah proses yang tidak normal yakni berupa keluarnya cairan / lendir dari dalam alat kelamin wanita. Keputihan yang terjadi pada ibu hamil terjadi karena perubahan hormon dan aliran darah serta organ intim. Perubahan inilah yang kemudian berdampak pada tingkat keasaman organ intim dan akhirnya memicu pertumbuhan jamur dan kemudian menyebabkan iritasi.

Sebenarnya sekresi pada organ intim tidak menyebabkan rasa gatal, hanua jika keputihan telah berkembang menjadi infeksi, gatal akan timbul disertai panas, nyeri dan kemerahan serta akan merasakan sakit saat buang air besar.  Jika keputihan dibiarkan selama masa kehamilan, mala janin akan lahir prematur dan ada kemungkinan ketuban pecah sebelum waktunya.

Untuk mengatasi keputihan saat hamil, pada situs obattkeputihann.blogspot.com, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil yang bisa Anda lakukan sebelum semuanya terlambat, dan berikut adalah tipsnya.
  • Hindari membasuh organ kewanitaan dengan air kotor dan sebaiknya tidak memakai toilet umum yang tingkat kebersihannya rendah.
  • Selalu memakai pakaian dalam dengan bahan katun dan menghindari yang berbahan sintetis. Hindari juga untuk tidak memakai pakaian yang terlalu ketat.
  • Sangat disarankan untuk tidak menggunakan panty liner setiap hari, karena bisa menjadikan organ intim semakin lembab.
  • Bila pakaian dalam sudah terasa lembab, segera menggantinya dengan yang kering.
  • Membersihkan areal organ intim secara rutin dari bagian depan ke arah belakang, terutama setelah selesai buang air besar dan kecil. Cara ini bida mengurangi resiko terhadap kontaminasi mikroorganisme di areal saluran kantung kemih dan anus.
  • Kurangi asupan makanan manis dan yang tinggi kandungan kafein.
     
  •  Pastikan organ kewanitaan tetap kering setelah mandi. Gunakan selalu handuk bersih dalam mengeringkannya dan sebaiknya tidak memakai tisu yang memiliki aroma wewangian.
     
  •  Sebaiknya menghindari penggunaan sabun pembersih di areal organ intim. Karena sabun ini bisa membunuh bakteri baik di areal organ intim, sehingga justru keputihan akan berkembang lebih parah.

Bagaimana? Tidak sulit bukan. Maka dari itu sebaiknya untuk Anda wanita yang sedang hamil lakukan beberapa tindakan pencegahan berikut agar mengurangi dampak buruk yang disebabkan oleh keputihan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, salam sehat!
Reaksi: