Sebagai wanita, sebaiknya kita mengentahui apa saja penyebab keputihan yang terjadi pada wanita. Keputihan memang masih menjadi masalah yang dihadapi wanita di berbagai negara. Beberapa penyebab keputihan wanita disebabkan oleh berbagai hal dan salah satunya yaitu faktor kebersihan yang kurang baik. Kebersihan di area genital wanita inilah yang harus dijaga baik-baik. Pasalnya jika area vagina wanita tidak terjaga kebersihannya, hal ini akan menimbulkan berbagai masalah penyakit termasuk keputihan. Bila area ini kurang dijaga kebersihannya, kelembaban vagina bisa mengalami peningkatan dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri berupa bakteri patogen yang bisa dengan sangat mudah menyebar.

Penyebab Keputihan Wanita
Penyebab lain dari keputihan yang terjadi adalah stress. Kinerja semua organ tubuh manusia dipengaruhi serta dikontrol oleh otak sehingga ketika resseptor otak manusia mengalami kondisi stress hal tersebut secara otomatis langung menyebabkan terjadinya perubahan keseimbangan hormon-hormon yang berada di dalam tubh wanita sehingga memicu terjadinya keputihan. Selain itu, penggunaan obat-obatan juga bisa menyebabkan keputihan. Penggunaan obat antibiotik dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan sistem imunitas pada tubuh wanita terganggu dan biasanya lama-kelamaan akan berakhir dengan kerluarnya keputihan.

Keputihan yang paling umum dapat terjadi karena infeksi jamur, bakteri, virus serta parasit. Keputihan yang disebabkan oleh jamur Monilia dan Candidas yang memiliki ciri berwarna putih seperti susu dan cairannya sangat kental serta memiliki bau tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal pada sekitar area vagina. Karenanya hal yang terjadi adalah vagina mengalami radang dan kemerahan. Hal ini biasanya dipicu juga oleh penyakit kencing manis, pemakanan pil KB serta daya tahan tubuh yang rendah.Adapun parasit yang menyebabkan keputihan adalah parasit Trichomonas Vaginalis, yang menyebabkan keputihan berwarna kuning atau hijau kental serta berbuih dan berbau anyir. Keputihan yang disebabkan oleh parasit ini tidak menyebabkan gatal akan tetapi menyebakan vagina terasa sakit ketika ditekan. Keputihan yang disebabkan oleh virus yang timbul akibat penyakit kelamin seperti herpes, HIV/AIDS dan Conyloma. Pada keputihan jenis ini biasanya akan tumbuh kutil dalam jumlah banyak dan diikuti oleh keluarnya cairan berbau yang menandakan adanya virus Conyloma. 

Dari berbagai penyebab yang ada, kesimpulan yang dapat diambil adalah penyebab keputihan wanita paling umum berawal dari masalah kebersihan. Maka dari itulah, sebaiknya jagalah kebersihan khususnya untuk kebersihan organ kewanitaan Anda agar terhindari dari beberapa infeksi penyakit yang dapat menyebabkan keputihan.

Demikianlah informasi menyenai penyebab keputihan yang saya rangkum beberapa dari internet, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung pada ahlinya. Terima kasih atas kunjungannya pada website kami, semoga bermanfaat. Salam sehat!

reposted by : obattkeputihann.blogspot.com
Reaksi: